Tiga Brimob Tewas, Kapolda Jateng: Tak Ada Baku Tembak


Ilustrasi Penembakan Polisi. ANTARA FOTO/Ampelsa


TEMPO.CO, Semarang - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono memastikan tidak ada baku tembak di antara tiga anggota Brimob di Blora yang tewas pada Selasa petang, 10 Oktober 2017. “Berdasarkan keterangan saksi, tidak ada tanda-tanda percekcokan di antara mereka,” kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Rabu 11 Oktober 2017.

Penembakan anggota Brimob terjadi sekitar pukul 18.30. Mereka adalah Brigadir Budi Wibowo, 30 tahun, Brigadir Ahmad Supriyanto, 35 tahun, dan Brigadir Kepala Bambang Tejo, 36 tahun. Pelaku penembakan diduga adalah Bambang. Setelah menembak Budi dan Ahmad, Bambang menembak dirinya sendiri.

Di dekat Bambang Tejo ditemukan senjata api tipe AK101. "Senjata yang berada di dekat korban itu ada satu.” Sedangkan dua senjata milik korban ada di dalam barak.

Bambang dan dua sejawat yang ditembaknya memiliki izin memegang senjata api. Condro memastikan mereka telah melalui tahapan tes psikologi sebelum mendapatkan izin itu. Pemegang senjata api harus melalui tahapan pengecekan psikologis di Bagian Psikologi Polda Jawa Tengah. Pemeriksaan psikologis, kata dia, telah dilakukan secara rutin.


Condro menyatakan keprihatinannya atas insiden penembakan itu. Ia menduga peristiwa itu dilatarbelakangi persoalan pribadi. "Kalau ada masalah pribadi, memang bisa saja terjadi pada siapapun." Ia berjanji akan mengevaluasi penugasan terhadap sejumlah anggota Brimob.

Kepolisian, kata Condro, sedang menyelidiki motif penembakan anggota Brimob itu dengan menunggu hasil otopsi ketiga korban. "Motifnya dimungkinkan motif pribadi," ujarnya.

Bambang cs adalah bagian dari enam anggota satuan Brimob yang menjaga tambang minyak dan gas Sarana Gas Trembul, Dukuh Canggah, Desa Trembul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora. "Mereka anggota subdit 4 Brimob yang berada di Pati," ujar Condro.

0 Response to "Tiga Brimob Tewas, Kapolda Jateng: Tak Ada Baku Tembak"

Posting Komentar